Bagi penggemar kopi, tak lengkap apabila belum merasakan kopi Lelet khas Rembang dsktrnya, Disebut kopi lelet karena endapan air kopi digunakan untuk membatik (nglelet) di batang rokok. Alat untuk membatik bukan dari canting tetapi batang korek yang ujungnya runcing. Caranya minuman kopi dituangkan di piring alas cangkir. Lalu airnya diminum menyisakan endapan kopi. Agar endapan lebih kering digunakan digunakan kertas tissue untuk menyerap air. Endapan kopi kemudian dicampur dengan susu kental manis agar lengket baru digunakan untuk ngleleti batang rokok, sehingga akan semakin menggugah selera

Di Semarang tak banyak yang menjual Kopi lelet, tetapi setahuku di Tembalang (depan masjid Diponegoro) dan Pleburan Barat (depan eks Asrama Putri), dapat sebagai obat penawar rindu akan cita rasa Kopi lelet tersebut.

Bersambung

Comments (4)

On 7 Januari 2010 pukul 08.52 , bayuratna mengatakan...

kawen... kawen.. kawen.. aku gagal kawen hahaha yang penting bisa memperkenalkan pernikahan adat yang ada di Indonesia.

 
On 25 September 2020 pukul 01.24 , Pubg mobile mengatakan...

Halloween Wishes 2020

 
On 29 Oktober 2020 pukul 21.38 , Updates mengatakan...

wishes
quotes
saying
text
saying

 
On 3 November 2020 pukul 00.37 , Whytecreations mengatakan...

Really its very useful information that you have shared and looks great post. Thanks for sharing the information with us. Here I have found one of the best web design company in Qatar Web Design Company since 2001.